Kolaborasi Menuju Sintang Berkelanjutan

Kabupaten Sintang yang saat ini merupakan Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) periode 2021-2024, telah sukses menggelar rangkaian kegiatan Sintang Expo 2022. Kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke–77 dan Hari Jadi Kabupaten Sintang yang ke-660 ini merupakan sebuah pameran pembangunan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Sintang, melalui program kerja Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM. 

Sintang Expo tahun ini diisi berbagai kegiatan menarik seperti talkshow UMKM, workshop UMKM dan ekonomi kreatif, serta berbagai lomba menarik lainnya. Selain bertujuan untuk mendorong perekonomian masyarakat, kegiatan ini juga turut mempromosikan beragam produk dalam negeri. Setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19, Sintang Expo kembali diadakan dengan tema “Kolaborasi Membangun Ekonomi Masyarakat dan UMKM Berdaya Saing Menuju Sintang Berkelanjutan”. 

Salah satu kolaborasi ditunjukkan lewat Stan Mitra Pembangunan Berkelanjutan. Selain menampilkan berbagai produk olahan, melalui stan ini juga ditampilkan proses implementasi ekonomi lestari oleh berbagai pemangku kepentingan di Kabupaten Sintang. Stan ini merupakan kolaborasi LTKL dengan WWF dan Forum Komunikasi Masyarakat Sipil (FKMS). 

Di Stan Mitra Pembangunan Berkelanjutan, pengunjung bisa menikmati kopi asli Sintang, salah satunya Robusta Rimba dari Sungai Segak. Terdapat sampel biji kopi yang sudah disangrai (roastery) dan juga kopi dalam bentuk bubuk. 

Di Stan Mitra Pembangunan Berkelanjutan juga terdapat kegiatan interaktif yang dapat dilakukan oleh pengunjung yakni Mini Lab Bestari. Para pengunjung diajak untuk menguji kadar albumin yang terdapat dalam ekstrak ikan gabus.

Kegiatan lainnya yang tak kalah seru adalah kelas memasak bersama Kalara Borneo. Para peserta yang terdiri dari berbagai kalangan, di antaranya kelompok perempuan, UMKM, dan pelajar, bersama-sama membuat selai asam maram yang berasal dari buah asam maram, tanaman endemik khas Kalimantan.

 

***

Selamat kepada Stan Mitra Pembangunan Berkelanjutan yang meraih predikat terbaik 1 pada kategori UMKM, IKM , dan Ekonomi Kreatif di kegiatan Sintang Expo 2022.

Sumber foto: Prokopim Sintang

cross
Send this to a friend