Pencapaian Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari di 2020

Pencapaian Anggota Lingkar Temu Kabupaten Lestari di 2020

Tahun 2020 adalah tahun penuh tantangan. Tantangan yang bahkan tidak pernah terpikir sedikit pun akan seperti apa. Serangan pandemi COVID-19 yang pada akhirnya menghantam Indonesia mulai bulan Maret 2020 turut berdampak dan mempengaruhi semua sektor kehidupan, menuntut semua pihak untuk menyesuaikan kegiatan dengan aturan dan kebijakan pemerintah Indonesia yang berlaku selama masa pandemi. Begitu pula dengan para pemerintah di daerah dan pemangku kebijakan ikut memutar otak untuk beradaptasi dengan kebiasaan normal yang baru.

Namun di tengah hambatan yang ada, pemerintah kabupaten yang tergabung dalam anggota LTKL tetap memaksimalkan potensinya dengan menorehkan prestasi-prestasi sepanjang tahun 2020. Seperti Kabupaten Bone Bolango di Provinsi Gorontalo, sebagai pemenang sub kategori kesehatan dalam penganugerahan indeks kelola Katadata Regional Summit 2020. Acara tersebut merupakan forum tahunan yang digelar oleh Katadata untuk mempertemukan para stakeholder untuk berkolaborasi mewujudkan tujuan pembangunan daerah berkelanjutan.

Bergeser ke Pulau Sumatera, ada Kabupaten Musi Banyuasin di Sumatera Selatan, yang dianugerahi sebagai pemenang dua indeks daya saing daerah berkelanjutan, dalam penganugerahan indeks kelola Katadata Regional Summit 2020. Berlanjut ke Pulau Kalimantan, kabar menggembirakan juga datang dari Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sanggau di Kalimantan Barat, yang menduduki peringkat tiga terbesar dalam pitching investasi lestari pada kegiatan Masterclass Investasi Lestari, sebuah kolaborasi antara BKPM, APKASI, Kinara Indonesia, dan Sekretariat LTKL. Pelatihan tersebut ditujukan untuk mendukung pemerintah kabupaten dan pemangku kepentingan lainnya dalam mendorong kemajuan potensi investasi melalui portofolio investasi lestari yang tepat sasaran khususnya di masa pandemi.

Tidak lupa torehan prestasi juga berhasil diraih oleh Bupati Kabupaten Sintang 2020, Dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph, yang terpilih sebagai pemenang dalam kategori Pamong Kehati, Kehati Award 2020. Beliau dinilai atas upaya nyatanya sebagai pemimpin daerah dalam mewujudkan pelestarian keanekaragaman hayati di tingkat kabupaten melalui Rencana Aksi Daerah Sintang Lestari. Penghargaan ini ditujukan dan dapat tercapai juga berkat inisiatif dan kerja keras berbagai pihak di Sintang.

Pencapaian-pencapaian ini bukanlah akhir dari usaha dan kerja keras para anggota kabupaten di LTKL, melainkan hal tersebut dijadikan momentum penting untuk mampu meningkatkan daya saing dan prestasi dari potensi-potensi terbaik yang dimiliki kabupaten masing-masing. Harapan kedepannya di tahun 2021 akan ada banyak lagi kabupaten anggota yang turut menorehkan prestasi terhadap pembangunan lestari.